Kamis, 11 Februari 2016

PANDUAN NAHWU



KALAM

Kalam adalah rangkaian lafadz yang berfaidah sesuai dengan aturan bahasa arab.
v Kalam itu ada tiga, yaitu : kalimat isim, fi’il dan huruf.

كلمة                             

            حرف           فعل              اسم

في                           قام              زَيْدٌ

*     Isim adalah kalimat yang menunjukkan sebuah makna yang tidak bersamaan dengan zaman.
*     Fi’il adalah  kalimat yang menunjukkan sebuah makna yang bersamaan dengan zaman (telah terjadi/ lampau, sedang dan akan dating.
*     Huruf adalah kalimat yang bias menunjukkan sebuah makna apabila dirangkai dengan kalimat lain.

A.  Tanda-tanda Kalimat Isim

بسم الله                   جير                                          
زيدٌ                  تنو ين             علا مة الاسم
المرأة                     ال                                    
حرف الخفض                                                  في المدرسة

Ø Huruf-huruf khofadl adalah :

(من ، الي ، عن ، علي، في، ربّ، الباء، الكاف ، لام ، حروف القسم :
 الواو  الباء ، التاء )

B.  Tanda-tanda Kalimat Fi’il
ماض        قد قام زيدٌ

قد                                               مضارع   قد يَقُوْمُ زيدٌ        
سين                                            
سوف           علا مة الفعل          مضارع
تأ التأ نيت                                           قامتْ هِنْدٌ
 الساكنة                                


C.  Tanda-tanda kalimat huruf

Tanda kalimat huruf adalah bila kalimat tersebut tidak layak dimasuki tanda kalimat isim dan fi’il.


I’ROB
I’rob adalah perubahan akhir kalimat secara lafadz )  ( لفظا atau perkiraan  (تقديرا) yang disebabkan beraneka ragamnya ‘amil yang mempengaruhinya

           جاء  زيدٌ / رايتُ  زَيْدًا              لفظا                           
اعرب
جاءَ الفَتي / رَأَيْتُ الفتي         تقديرا                               

Macam-macam I’rob ada empat, yaitu:

اعرب


رفع            نصب            خفض             جزم






A.   I’rob Rofa’
*      Tanda I’rob Rofa’ ada empat yaitu:
جَاءَ زَيْدٌ                اسم مفرد                                   
جَاءَ الرِّجَالُ                جمع تكثير                                
            جَاءَ الفَطِمَا تُ               جمع مؤنث سا لم        ضمة         
يَقُوْمُ                فعل مضارع                              
جَاءَ الْمُسْلِمُوْنَ            جمع مذكر سا لم                        
واو    رفع
جاء أَبُوْكَ                 اسمء الخمسة                                 

جاء زَيْدَانَ                 اسم تثنية                 ألف        
يَضْرِبُوْنَ                 أفعا ل الخمسة           نون        
Q      Isim mufrod adalah isim yang menunjukkan makna tunggal yang tidak tergolong isim tasniyah, tidak berupa jama’ dan tidak tergolong asma’ul khomsah.
Q      Jama’ taksir adalah jama’ (lafadz yang menunjukkan makna banyak) yang telah mengalami perubahan dari bentuk mufrodnya.
Q      Jama’ mu’anats salim adalah jama’ yang menggunakan tambahan alif dan ta’.
Q      Jama’ mudzakar salim adalah jama’ yang menggunakan tambahan wawu dan nun dalam tingkah rofa’ atau ya’ dan nun dalam tingkah nashob dan jer.
Q      Asma’ul khomsah adalah lima kalimat isim khusus yang terdiri dari :

أبوك ,  أخوك ,  حموك ,  فوك ,  ذومال                                               
Q      Isim tasniyah adalah isim yang menunjukkan arti dua yang diakhirnya menggunakan tambahan alif dan nun dalam tingkah rofa’ atau ya’ dan nun dalam tingkah nashob dan jer.
Q      Af’alul khomsah adalah lima kalimat fi’il mulori’ yang bertemu dengan dlomir tasniyah, dlomir jama’ dan ya’ mu’annats mukhotobah, yang terdiri dari :
يضربا ن , تضربا ن , يضربو ن , تضربو ن , تضربين                                   

B.    I’rob Nashob
*  Tanda I’rob Nashob ada lima yaitu:
رأيت زيدًا               اسم مفرد                                              
رأيت الرِّجَالَ             جمع تكسير                   فتحة                    
لن يَضْرِبَ             فعل مضارع                                             
رأيتُ أََبَاكَ            اسماءالخمسة                   ألف                     
رأيتُ السَّمَواتِ          مع مؤنث سالم                   كسرة           نصب
رأيت الزَيْدَيْنِِ                اسم تثنية                                             
 ياء                    
رأيتُ الْمُسْلِمِيْنَ          جمع مذكر السالم

لن يَضْرِبَا             افعال الخمسة                حذف النون                 






C. I’rob Khofadl
Tanda I’rob Khofadl ada tiga yaitu :

مَرَرْتُ بِزَيْدٍ             اسم مفرد منصرف                                            
مررت بالرِّجالِ            جمع تكسير                         كسرة               
مررت بِهِنْدَاتٍ             جمع مؤنث سالم                                                

مررت بِأَبِيْكَ            اسماءالخمسة                                                  
مررت بالزيدَيْنِ            اسم تثنية                           ياء           خفض
مررت بالمسلِمِيْنَ            جمع مذكر سالم                                                 

مررت بأحمَدَ             اسم غير منصرف                فتحة                      

Q      Isim ghoiru munshorif adalah isim yang menyerupai fi’il karena mempunyai dua ‘ilat. Salah satu ‘ilat kembali kepada lafadz dan ‘ilat yang lain kembali kepada makna.

C.   I’rob Jazm
Tanda I’rob Jazm ada dua yaitu :

لمْ يَضْرِبْ              فعل مضارع صحيه الأخر        سكون             


لم يدع       فعل مضارع معتل الأخر       حذف حرف العلة                                         
حذف       جزم       
لم تفعلوا       افعال الخمسة                    حذف النون                                              

Q      فعل مضارع معتل الأخر            adalah fi’il mudlori’ yang huruf akhirnya berupa wawu, alif atau ya’.
             


AF’AL

A.    Macam-macamnya fi’il ada tiga antara lain :

فَعلَ        مفتوح الأخر         فعل مضى                                   




يِفعلُ         مرفوع         فعل مضارع               افعال          




افعلْ         مجزوم أبدا         فعل أمر                                   

Q      Fi’il madly adalah fi’il yang menunjukkan makna pekerjaan yang sudah terjadi / lampau.
Q      Fi’il mudlori’ adalah fi’il yang menunjukkan makna pekerjaan yang sedang terjadi atau di masa akan datang.
Q      Fi’il amar adalah fi’il yang menunjukkan makna perintah untuk melakukan pekerjaan.













B.     Macam-macam amil yang masuk pada kalimat fi’il antara lain :

*      Amil nashob, jumlahnya ada sepuluh yaitu :


عجبت من أن تضرب            أن                                     
لن أقوم            لن                                     
إذن أكرمك           إذن                                    
لكيلا يكون           كى                                     
ليكون لهم           لام كى                النواصب
ما كان الله ليعذبهم           لام الجهود                            
حتى يرجع           حتى                                   
أقبل فأحسن إليك          فأ جواب                               
لا ترم علما وتترك التعب           واو جواب                             
أو يكون           أو                                      




*      Amil jazm ada delapan belas antara lain :
لم يضرب           لم                                      
لمّا يذوقوا العذاب            لمّا                                     
الم نشرح            ألم                                    
ألمّ يقوم           ألمّا                                   
لينفق ذو سعة                                                               
           لام الامر ودعء                الجوازم
ليقض علينا                                                               
لا تحزن                                                                   
       لا فى النهى ودعاء                                
ربنا لا تؤا خذنا                                                                    
     إن تقم أقم               إن                                   
ما تفعلوا من خير يعلمه الله              ما                                    
من يعمل سوأيجزبه              من                                    
              مهما تقم أقم             مهما                                  
إذما تقم أقم            إذما                                    
أيّاما تدعوا              أيّ                                   
              متي تقم أقم             متي                                  
  أيّان تقم أقم            أيّان                                   
              أينم تقم أقم              أين                                  
أنّى تقم أقم            أنّى                                    
حيثم تقم أقم            حيثم                                   
              كيفم تجلس أجلس            كيفما                                  
MARFU’ATUL ASMA
*      Isim-isim yang dibaca rofa’ ada tujuh antara lain :


قام زيد          الفاعل                                                           
ضرب زيد          نا ئبل الفاعل                                                   
زيد قائم          مبتداء                                                            
زيد جالس         خبر                         مرفوعات الأسماء 
كان زيد قائم          اسم كان واخواته                                              
إن زيدا جالس         خبر إن واخواتها                                              
جاء زيد العا قل         النعت                                                                               
جاء زيد وعمرو         العطف             التبع للمرفع                                             
جاء زيد نفسه          التوكيد                                                                               
جاء زيد أخوك          البد ل                                                                               
*      Fa’il adalah isim yang terbaca rofa’ yang menunjukkan makna pelaku dari sebuah pekerjaan.
*      Na’ibul fa’il adalah isim yang terbaca rofa’ yang mengganti posisi fa’il ketika dibuang.
*      Mubtada’ adalah isim yang terbaca rofa’ yang tidak bersamaan dengan amil-amil lafdziyah.
*      Khobar adalah isim yang terbaca rofa’ yang disandarkan atau dirangkai dengan mubtada’.
*      Fungsi kana dan saudaranya adalah merofa’kan isimnya serta menasobkan khobarnya.

            كان              كانَ زَيْدٌ قائِماً                           أَضْحَى            أضحى زَيْدٌ قائِماً
            أَمْسَى            أَمْسَى  زَيْدٌ قائِمًا
            أَصْبَحَ            أَصْبَحَ زَيْدٌ بَارِحًا
            ظَلَّ              ظَلَّ زَيْدٌ نَائِمًا   
                        بَاتَ              بَاتَ زَيْدٌ جَالِسًا
  كان وأحواتها        صَارَ             صَارَ زَيْدٌ صَالِحًا
                        لَيْسَ             لَيْسَ زَيْدٌ قائِمًا  
            مافَتِئَ                  مافَتِئَ  زَيْدٌ قائِمًا
                        مَاانْفَكَّ          مَاانْفَكََّزَيْدٌ قائِماً
                        مَازَالَ      مَازَالَ زَيْدٌ جَالِسًا                              مَابَرِحَ            مَابَرِحَ زَيْدٌ جَالِسًا
                        مادام             جَلَسْتُ مادامَ زيدًا قائِمًا

             Fungsi inna dan kelompoknya adalah menashobkan isim dan merofa’kan khobarnya.
                        إنّ                إنّ زَيْداً قَائِمٌ
                        أَنّ                أَنَّ زَيْدًا جَالِسٌ
                        كَأَنَّ                         كَأَنَّ زَيْدًاجَالِسٌ
 إنّ واخواتها
                        لَكِنَّ              زَيْدٌ كَرِيْمٌ لَكِنَّهُ بَخِيْلٌ
                        لَعَلَّ              لَعَلَّ زَيْدًا حَاضِرٌ
                        لَيْتَ              لَيْتَ الشَّبَابَ حَاضِرٌ









Fungsi dzonna dan kelompoknya adalah menashobkan isim sekaligus khobarnya
                        ظَنَّ              ظَنَنْتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        خَالَ                       حَالَتُ زَيْدًا قَائِمًا                          حَسِبَ           حَسِبَتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        زَعَمَ              زَعَمَتُ زَيْدًا قَائِمًا
ظَنَّ واحواتُها           رَأَى              رَأَيْتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        وَجَدَ             وَجَدْتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        عَلِمَ              عَلِمْتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        جَعَلَ             جَعَلْتُ زَيْدًا قَائِمًا
                        إِتَّخَذَ             إِتَّحَذْتُ زَيْدًا قَائِمًا

ü  Na’at adalah isim yang mengikuti lafadz sebelumnya yang berfungsi untuk memperjelas keadaan lafadz  sebelumnya
ü  ‘Athof adalah isim yang mengikuti lafadz sebelumnya dengan perantara huruf ‘athof.
ü  Taukud adalah isim yang mengikuti lafadz sebelumnya yang berfungsi memperkuat dan memperkokoh dengan lafadz-lafadz khusus.
ü  Badal adalah isim yang mengikuti lafadz sebelumnya yang menjadi focus utama pambahasan ( hukum).

حقيقى                                   جَاءَ زيدٌ الفَاضِلُ
النعت
سببي             جَاءَ زيدٌ القَائِمُ أَبُوْهُ


                          الواو                      جَاءَ زيدٌ القَائِمُ     
                        الفاء             جَاءَ زيدٌ فَعَمْرٌو
                        ثُمَّ                جَاءَ زيدٌ ثُمَّ َ َعَمْرٌو
                        أَوْ                جَاءَ زيدٌ أَوْ أَخُوْهُُ
حرف                  أَمْ                جَاءَ زيدٌ أَمْ عَمْرٌو
العطف                 إِمَا               الكَلِمَةُ إِمَّا إِسْمٌ وإما فِعْلٌ
                        بَلْ               جَاءَ زيدٌ بَلْ عَمْرٌو
                        لا                جَاءَ زيدٌ لا عَمْرٌو
                        لَكِنَّ              جَاءَ زيدٌ لكن عَمْرٌو
                         حَتَّى            اَكَلْتُ السَمَكَةَحتى رَأْسَهَا
MANSHUBATUL ASMA’
Isim-isim yang dibaca nashob ada 15 (lima belas)


Kaidah – kaidah I’lal
{Qoidah pertama}

Ketika ada dua huruf yang sejenis berkumpul dalam satu kalimat maka wajib mengidghomkan / memasukkan huruf yang pertama pada huruf yang ke dua katika setelah menetapi syarat pengidghoman.
Contoh:
مدَّ- مدد – فعل – مد د – مدّ

{Qoidah Dua}
واو  dan  ياء  ketika menyandang harakat dan huruf sebelumnya menyandang harakat fatkah  maka  واو  dan  ياء  harus dig anti dengan الف.
Contoh:
صان – صون – فعل – صان غاز – غوز – فعل – غزا        

{Qoidah Tiga}
واو  dan  ياء  ketika menyandang harakat dan sebelumnya berupa huruf shohih yang mati wajib memindah harakat  واو  dan  ياء  pada huruf shohih sebelumnya.
Contoh:
يصون – يصون – يفعل – يصون  يسير – يسير – يفعل - يسير
{Qoidah Empat}
واو dan ياء  ketika jatuh sesudahnya الف tambahan pada isim fail maka keduanya harus diganti dengan hamzah.
Contoh:
صائن – صا ون – فاعل – صائن – سائر – ساير – فاعل – سائر  
{Qoidah Lima}
واو dan ياء  ketika berada di akhirnya fi’il mudlori’ yang tidak terbaca nasob maka wajib mensukunkan karena beratnya dlomah.
Contoh:
يغزو – يغزو – يفعل – يغزو  يرمى – يرمي – يفعل – يرمى    

{Qoidah Enam}
واو dan ياء  yang terbaca sukun, ketika bertemu huruf lain yang terbaca sukun maka واو  dan ياء  harus dibuang untuk menolak bertemunya dua huruf yang mati.
Contoh:
صن – اصون – افعل – اصون – اصن – صن              

{Qoidah Tujuh}
Huruf واو yang menyandang harakat dan berada pada lam fi’il ketika jatuh setelah harakat kasroh maka harus diganti ياء
Contoh:
رضي – رضو – فعل – رضي                         
غاز – غازو – فاعل – غازي – غازي –غاز               

{Qoidah Delapan}
Huruf واو ketika berada diakhirnya kalimat dan terletak pada urutan nomer empat atau seatasnya serta jatuh sesudah harakat fatkah maka harus diganti ياء
Contoh:
يرضى – يرضو – يفعل – يرضي – يرضى                

{Qoidah Sembilan}
Huruf واو ketika berada diantara harakat fatkah dan kasroh dan huruf sebelumnya adalah huruf mudloro’ah maka واو harus dibuang.
Contoh:
يعد – يوعد – يفعل – يعد -  يمق – يومق – يفعل – يمق        

{Qoidah Sepuluh}
واو  dan ياء  ketika berkumpul dalam satu kalimah dan huruf yang awal dari keduanya berharakat sukun makaواو harus diganti ياء.
Contoh:
مسري – مسروي – مفعول – مسريي – مسري – مسري       

{Qoidah Sebelas}
Isim maf’ul ketika terbentuk dari fi’il yang berbinak Ajwaf maka wajib membuang            واو maf’ulnya.
Contoh:
مصون – مصوون – مفعول – مصوون – مصون         

{Qoidah Dua Belas}
Apabila berkumpul dua hamzah pada satu kalimah dan hamzah yang pertama menyandang harakat, hamzah kedua terbaca mati maka wajib menggati hamzah yang kedua dengan huruf yang sesuai dengan harakat hamzah pertama.
Contoh:
اومل – اامل – افعل – اومل                          
  
PANDUAN SHOROF

Shorof adalah  ilmu yang membahas kalimat Arabiyah (bahasa arab) dalam bentuk tunggal ( mufrod ).
Faedah adalah  mengetahui perubahan kalimat sekaligus perubahan maknanya.




KALIMAT
Kalimat adalah lafadz yang menunjukan  pada makna tunggal yang tidak berbentuk susunan.
  • Kalimat (kata,dalam bahasa Indonesia) terbagi menjadi tiga:
1.      Isim : kata yang menunjukkan makna benda atau pekerjaan yang tidak disertai dengan keterangan waktu. Contohnya :(sekolah) (kuda) (pergi)
2.      Fi’il : kata yang menunjukkan makna oekerjaan yang disertai dengan keterangan waktu (madli / telah, istiqbal / akan dan hal / sedang). Contoh:(Telah berdiri) ( akan / sedang duduk )
3.      Huruf : kata yang menunjukkan makna pada kalimat lain.
Contoh : (di, di dalam)(sungguh) (apakah) (di atas )
Kalimat huruf tidak bisa berdiri sendiri, dia harus masuk pada kalimat isim atau fi’il.

SHIGHOT
Shighot adalah bentuk kata ditinjau dari segi makna.
Ditinjau dari segi shighotnya, kalimat fi’il terbagi menjadi empat dan kalimat isim terbagi menjadi sepuluh.
  1. Shighot-shghot  Kalimat Fi’il
1.      Fi’il madli adalah kata kerja yang menunjukkan makna pekerjaan yang telah dilakukan, contoh : (farid telah keluar)
2.      Fi’il mudlore’ : kata kerja yang menunjukkan makna pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan, contoh : ( Farid sedang / akan keluar)   ( Farid sedang / akan pergi)
3.      Fi’il Amr : kata kerja yang menunjukkan makna perintah, contoh : (keluarlah )
4.      Fi’il Nahi : kata kerja yang menunjukkan makna larangan, contoh : (jangan keluar)
  1. Shighot-shghot  Kalimat Isim
1.      Masdar (kata dasar) ialah kata yang menunjukkan makana benda / pekerjaan yang tidak disertai waktu, contoh : (ketahuilah bahwa pertolongan Allah itu dekat)(saya punya pena)
2.      Masdar Mim ialah masdar yang mendapatkan tambahan huruf mim. Cara mengartikannya sama dengan masdar. Contoh : ( pertolongan )
3.      Isim Fa’il ialah kata yang menunjukkan makna pelaku. Contohnya : ( Kholid seorang penulis).
è Wazannya isim fa’il dalam fi’il tsulasi ( fi’il yang berjumlah tiga huruf) adalah فاعل
4.      Sifat Musyabihat  bismil fa’il siafat yang serupa dengan isim fa’il. Wazannya ada empet, yaitu : أفعل, فعلان, فعل, فعيل   Contohnya : فريد حسن الوجه  Farid orang yang tampan wajahnya ).
5.      Shighot mubalaghoh ialah isim fa’il yang memberikan arti sangat / maha ataupun banyak. Wazannya ada 11 :

  عاليم                            فعيل                               جبّار                  فعّال

حذر                        فعل                      مفضال               مفعال

      فعّال                     كبّار                                               صوّيف  فعّيل

فعّالة                فهّّا مة                        فعّول                     قرّس              

مفعيل            مسكين                           فيعول              قيّوم                
           
فعول            شروب                                                                      

6.      Isim maf’ul ialah kata yang menunjukkan makna seesuatu yang dikenai pekerjaan ( penderita / objek / sasaran).
è Wazannya isim maf’ul dalam fi’il tsulai :              مفعول
Contoh : فريد مضروب  ( Farid oaring yang dipukul )
7.      Isim tafdil ialah kata yang menunjukkan pengertian lebih/ paling untuk menyatakan perbandingan.
è Wazannya isim tafdil : أفعل contoh :
حميد  أعلم  من زيد                 (Hamid lebih pandai dari pada zaid)
ألايمان  أهم  ألامور               (Imam adalah perkara yang paling penting)
8.Isim makan ialah kata yang menunjukkan arti tempat pekerjaan itu dilakukan.Contoh:
حسين  ذهب  الي  المدرسة  (Husain pergi ke sekolah(tempat belajar))
9.Isim zaman ialah kata yang menunjukkan arti waktu pekerjaan itu dilakukan.Contoh :
مقتل  (Waktu membunuh).
10.Isim alat ialah kata benda yang menunjukkan arti alat.Contoh :
عندي  مفتوح (Saya mempunyai kunci).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar